Selasa, 05 Juni 2018

Ilmu sebagai Jalan Keluar Memecahkan Persoalan Hidup

Ilmu sebagai Jalan Keluar Memecahkan Persoalan Hidup

Persoalan tidak akan menjadi masalah bagi orang yang mempunyai ilmu. Ilmu yang dimaksud adalah yang sesuai dengan persoalan yang sedang terjadi. Contoh sederhana misalnya; orang yang punya masalah dengan mobil macet, karena mengerti cara memperbaiki mobil, maka diperbaiki, dan baik.

Bagi yang sedang punya masalah dengan gigi (baca: sakit), karena tahu bagaimana cara mengobatinya, maka sakit gigi lewat; punya barang elektronik (TV, Radio, Komputer, dan lain-lain) rusak, karena tahu cara memperbaiki, maka masalah beres; ada Dosen memberikan tugas makalah kepada mahasiswa, karena mahasiswa tahu cara membuatnya, makalah pun bisa diselesaikan dengan baik.

Beberapa peristiwa di atas sebenarnya masalah. Namanya masalah, tentu akan membuat panik. Tapi, bagi orang yang mengerti bagaimana cara memecahkannya, maka sesuatu itu tidak menjadi masalah.

Beberapa persoalan di atas, bukan hanya diselesaikan menggunakan perasaan, tetapi menggunakan ilmu pengetahuan. Sehingga dapat disimpulkan, bahwa ilmu pengetahuan dapat memberikan jalan keluar bagi setiap orang yang punya masalah. Semakin lengkap ilmu yang kita miliki, maka semakin mudah kita memecahkan banyak persoalan.

Dalam kehidupan ini, kita akan dihadapkan dengan berbagai macam persoalan. Ada persoalan yang akan terasa berat, pun ada yang terasa ringan. Ada per"soal"an yang sama, berat bagi yang satu dan ringan bagi yang lain. Hal itu bergantung kepada tingkat pengetahuan orang itu terhadap masalah yang dihadapi.

Pasti kita sudah bisa menangkap pesan apa yang dimaksud oleh tulisan ini. Semakin banyak seseorang mengetahui suatu hal, maka akan semakin sedikit persoalan yang terjadi pada dirinya. Karena sesuatu yang semula adalah masalah, menjadi bukan masalah baginya. Atas pengetahuan yang dimiliki, ia mudah memecahkan permasalahan.

Bagi manusia yang sudah mencapai pada keluasan ilmu pengetahuan, ia sudah sulit akan berhadapan dengan masalah. Seperti seorang, Wali Allah, misalnya. Para Wali Allah banyak dibekali dengan Ilmu Pengetahuan oleh Allah, dan bahkan ilmu yang bersifat transendental. Sesuatu yang belum banyak orang ketahui, sudah diketahui lebih dulu.

Sudah wajar, Allah menganugerahkan ilmu yang memadai bagi para Wali. Sebab, para wali dipercaya oleh Allah untuk menjaga keadaan bumi. Dituntut untuk memecahkan persoalan-persoalan yang terjadi di muka bumi. Tentu, tugas itu sangat berat bagi manusia biasa yang tidak mencapai maqam seperti para wali.

Tetapi Allah akan menyesuaikan tingkat keilmuan seseorang dengan masalah yang akan diberikan. Jadi soal akan semakin sulit bagi orang yang dianggap mampu, meski akhirnya juga akan terpecahkan.

Dalam kehidupan sosial, penting sekali mempunyai banyak ilmu pengetahuan. Sebab dalam interaksi dengan manusia yang lain, membutuhkan kecerdasan agar bagaimana tidak selalu melahirkan permasalahan. Dan jika ada pihak lain dengan sengaja menabur permasalahan, kita sudah siap bagaimana mengantisipasi dengan ilmu yang kita miliki.

Wallahu a'lam!

Sampang, 06 Juni 2017

0 komentar:

Posting Komentar